Tuesday, October 23, 2018

Akibat Ulah Si Hijau Dropship Terancam Tumbang

Baru-baru ini salah satu marketplace terbesar di Indonesia mengubah kebijakan mereka...
image

Hai Jenny,

Baru-baru ini salah satu marketplace terbesar di Indonesia mengubah kebijakan mereka menyangkut dropship. Per tanggal 5 November 2018 si hijau Tokopedia tidak lagi memperbolehkan adanya internal dropshipper.

Internal dropshipper? Makanan apaan tuh?

Jadi begini, biar saya beri contoh untuk mempermudah. Ada customer yang membeli dari Anda misal: sebuah kaos. Lalu, Anda meneruskan order kaos tersebut kepada supplier (penjual pertama). Supplier Anda mengirimkan order ke alamat customer dan nomor resinya kepada Anda.

Ketika Anda sebagai penjual kedua memberikan nomor resinya kepada customer maka akan dianggap tidak valid karena input resi hanya bisa dilakukan satu kali.

Dan itu hanya berlaku ketika supplier memberikan no resi kepada Anda. Dengan kata lain Tokopedia tidak mengizinkan transaksi sesama dropshipper di dalam platform mereka.

Hal ini tentu akan mengancam nasib dropshipper yang selama ini yang menggantungkan nasibnya hanya di 1 marketplace. Tidak heran banyak artikel bermunculan kalau tren bisnis dropship akan segera mati.

Memang tidak ada yang pasti di dunia ini, apapun bisa terjadi. Hari ini marketplace merajai pasar, bisa jadi beberapa tahun ke depan digantikan dengan sesuatu yang baru.

Satu-satunya yang pasti di dunia ini ya ketidakpastian. Begitu juga dengan bisnis. Ada pepatah mengatakan "Don't put all your eggs in one basket". Jangan fokus menaruh keran uang Anda di satu tempat saja.

Karena itu dari dulu saya tidak pernah menyarankan dropshipper main di marketplace. Anggaplah marketplace itu sebuah kolam, ketika suatu saat kolam ditutup Anda akan kebingungan mencari ikan-ikan Anda.

Maka dari itu lebih baik jika kita bisa membuat kolam sendiri. Dengan membuat kolam Anda bisa punya database customer Anda, sehingga kemana pun mereka pergi masih bisa Anda cari :p.

Di ecourse Dropshipaja University Anda akan diajarkan membuat kolam sendiri dan memancing penjualan dengan menggunakan Facebook Ads. Pola yang diajarkan terbukti berhasil, banyak peserta yang memiliki profit hingga 200% dengan intensitas penjualan yang tinggi.

Khusus periode ini akan ada DISKON 59% + bonus materi ekslusif Instagram Marketing 101 bagi Anda yang mendaftar.

Ketika Anda bergabung nanti tapi ternyata Anda tidak merasakan manfaat dari ecourse ini, jangan khawatir! Saya KEMBALIKAN UANG Anda 100% tanpa potongan apapun.

Ngomong-ngomong kelasnya baru akan dibuka besok tanggal 25 Oktober 2018. Dan jumlah peserta ecourse terpaksa harus saya batasi agar lebih terarah dan kondusif.

Daftar waiting list sekarang agar Anda menjadi yang pertama tahu ketika kelas dibuka!

>> alona.me/waitingdau

Sahabatmu,
Rico Huang
Founder Alona

Jika Anda tidak ingin menerima email dari saya lagi, silahkan klik tombol unsubscribe di bawah ini

Unsubscribe

Alona Indonesia Jl. palapa 2 No1 RT.2/RW.11 Kel. Pasar Minggu Jakarta, Jakarta Raya 12520 Indonesia

Anda memiliki 6 notifikasi tentang Dede dan lainnya

  Tebox, lihat notifikasi Anda yang belum dibaca tentang Dede Oghell dan Nenk Dhe Dhedhe.       Tebox Alexa                 Anda memiliki 6 ...